Apa Penyebab Perang Dunia I Berdasarkan Sejarah

Apa Penyebab Perang Dunia I Berdasarkan Sejarah
Apa Penyebab Perang Dunia I Berdasarkan Sejarah

Jakarta– Penyebab perang dunia I adalah satu perang antar Negara global yang paling legendaris. Perang ini terjadi tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918.

Perang ini merupakan pertikaian antara dua negara aliansi bertentangan yaitu Sekutu (Britania Raya, Prancis, dan Rusia).

Penyebab prang dunia I jauh lebih rumit dan masih diperdebatkan dan dibahas sampai hari ini. Perng dunia I ini dapat dilihat dari aspek umum dan khusus. Penyebab utama terjadi Perang dunia I terjadi karena empat aspek yaitu militerisme, aliansi, imperialisme dan nasionalisme.

Kemudian pada tahun 1917, Amerika Serikat turun tangan ikut membantu pihak Triple Entente dan sekaligus mengakhiri peperangan tersebut.

Perang Dunia I menjadi konflik global bersejarah. Mengetahui penyebabnya Perang Dunia I dapat membuat generasi saat ini menyadari bahwa masalah tak dapat diselesaikan dengan peperangan.

Kronologi dan Negara yang Terlibat Terjadinya Perang

Pada tahun 1979, Kanselir Jerman, Otto von Bismarck membentuk aliansi dengan kekaisaran Australia-Hongaria untuk membangun jaringan diplomatik demi mengamankan Negara Jerman dan juga permainan politiknya. Tujuan utamanya ialah untuk menghambat perluasan kekaisaran Rusia.

Tiga tahun Negara Jerman dan Australia membentuk Aliansai, Otto von Bismarck melebarkan sayap aliansinya dengan menggandeng Italia.

Italia bersedia bergabung dengan aliansi itu demi memenuhi ambisi mereka terkait Mediterina dan Afrika yang telah konfrontasi Prancis.

Salah satunya adalah metode pengajaran berbasis teknologi dimana para siswa akan diberikan sumber daya teknologi yang mumpuni, sehingga memudahkan siswa mengeksplorasi informasi mengenai sejarah lebih mendalam lagi.

Perang dunia terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebabnya.

Persaingan Industri dan Militer
Persaingan ini terjadi antara dua negara yaitu Jerman dan Inggris. Jerman merasa terancam oleh kekuatan militer lainnya dan mendorongnya untuk produksi alat-alat persenjataan. Akhirnya tiap Eropa saling memperkuat angkatan bersenjatanya.

Politik Aliansi
Munculnya aliansi di Eropa mamanaskan situasi kala itu dan membuat setiap pihak terlihat lebih kuat dibanding lainnya. Italia salah satu negeri yang ikut dalam aliansi Triple Aliance.

Etnosentrisme Berlebihan
Etnosentrisme punya rasa kebanggaan yang berlebih terhadap etnis atau sukunya. Orang-orang Slav saat itu juga berkeinginan agar seluruh etnis slav bergabung didalam satu negeri.

Pembunuhan Putra Mahkota Australia-Hongaria
Penembakan terhadap putra mahkota kekaisaran Austro-Hongaria yang bernama Franz Ferdinand.

Baca Juga : Mengungkap Benda Mitos paling kuat dalam sejarah