Sejarah Dunia Militer dan Minyak

Sejarah Dunia Militer dan Minyak

Menariknya, Anda tidak perlu untuk menilik sejarah kembali melampaui awal Perang Dunia. Walaupun banyak pihak telah mengajarkan kepada kita bahwa konflik Timur Tengah berakar ribuan tahun silam.

Lebih lanjut lagi. meskipun banyak diantara kita belajar bahwa Barat membentuk Israel. Karena punya Quilty feeling atas ketidak mampuan mereka mencegah Holocaust. Sebetulnya pembentukan Israel terjadi sebelum perang Dunia II. Nah, mengapa Barat memfasilitasi berdirinya negara zionis. padahal perang Dunia II belum pecah.

Keberhasilan militer dari salah satu jenderalnya Churchill yang paling cemerlang. Allenby dalam invasi ke Trans-Yordan. Mengakibatkan Inggris memperoleh wilayah yang terlalu besar untuk diduduki secara. Tertib, damai dan untuk waktu lama. Kolonial Inggris tidak mungkin berhasil selain itu kalau Laskar dan Milisi Arab. Saat itu tidak memilih untuk bersekutu dengan militer Inggris melawan Ottoman Turki.

Pengaruh Pentingnya Minyak

Sejarah Dunia Militer dan Minyak
Sejarah Dunia Militer dan Minyak

Baginya, minyak harus diamankan ketersediaannya Apapun biayanya. Bukan karena BBM diperlukan untuk menggerakkan mobil atau membangkitkan listrik seperti yang kita perlukan sekarang ini.

Tapi karena BBM adalah satu-satunya bahan bakar yang menjadi pembangkit tenaga. Bagi angkatan laut paling modern dan terkuat didunia saat itu. Oleh karena itu, Inggris harus melakukan kekaisaran Ottoman Turki. Yang selama berabad-abad menguasai sebagian besar Semenanjung Arab termasuk ladang minyak di Abadan (Iran) dan Mosul (Irak).

Masuknya Abad XX. Hubungan Dagang Antara Inggris dan India Menjadi Mesin Utama bagi pertumbuhan ekonomi Imperium Inggris. Sehingga harus diamankan berapapun harga militer yang harus dibayar. Untuk mencapai tujuan ini mereka meminta dukungan Arab dan India dengan janji yang tidak jelas. Seolah-olah memberikan kemerdekaan kepada kedua bangsa tersebut. Yang penting Ottoman harus direcoki agar Turki tidak bisa membantu Jerman.

Jenderal Allenby berupaya meyakinkan perlemen Inggris bahwa kehadiran di Trans-Yordan harus dibubarkan. Saat itu Menteri Urusan Perang yang merawa bahwa masalah Palestina harus dituntaskan. Sebelum tentara Inggris di Trans-Yordan ditarik. Sial bagi bangsa Arab, Churchill gagal meyakinkan parlemen dan Inggris menarik diri sebelum waktunya.

Kita semua masing-masing memiliki sikap sendiri terhadap konflik Palestina. Yang pasti, minimal saya menentang segala bentuk perampasan tanah secara ilegal atau pemaksaan. kehendak politik oleh kaum non-mayoritas. Apalagi kalau dicapai melalui kekerasan.

Sumbe daya militer yang paling krusial adalah logistik. Istilah kata “Rantai Pasokan”. Anda dapat memenangkan aneka pertempuran meski berbekal logistik yang sedikit. Tetapi anda tidak akan bisa terus mempertahankan apa yang telah susah payah anda menangkan.

Semua itu adalah contoh dari sejarah mengenai betapa logistik. Merupakan prasyarat utama untuk memenangkan suatu perang. Dengan berubahnya teknologi maka tujuan militer ini pun ikut berubah.

Baca Juga : Agama Tertua yang Masih Dianut Manusia Dalam Sejarah Dunia