Sejarah Francis Drake Mengelilingi Dunia

Sejarah Francis Drake Mengelilingi Dunia

Berdasarkan sejarah Francis Drake ialah seorang pelaut dari inggris yang paling populer atau terkenal pada masa kepemimpinan Ratu Elizabeth.

Francis Drake sudah dipercaya sebagai orang yang pertama yang berhasil berlayar mengelilingi dunia, termasuk negara ke Indonesia.

Selain sebagai pelaut kegiatan lain yang dilakukan oleh Drake ialah seorang pembajak dan pedagang budak ilegal.

Ketika ia masih kecil Ia diasuh oleh keluarga Hawkins. Sebagai cerita yang beredar Hawkins adalah seorang bajak laut dan pedagang.

Tepat usianya 18 tahun, Frances Drake diajak oleh Hawkins untuk berlayar. Mulai dari itulah Ia belajar tentang pelayaran atau pembajak laut.

Tetapi ketika mereka hendak menjual para budak. Mereka diserang oleh tentara negara Spanyol yang ada di Pelabuhan San Juan de Ulua, Meksiko.

Penjelajah ini terlibat dalam pembajakan dan perdagangan budak ini diketahui bahwa dari orang Inggris pertama yang berhasil mengelilingi dunia.

Dalam perjalanan mengelilingi dunia itu. Francis Drake berlayar datang ke Indonesia yang tepatnya di Kepulauan Maluku.

Awal Mula Perjalanan Francis Drake Berlayar Mengelilingi Dunia

 

Pengalaman yang dipunyai oleh Francis Drake dalam melakukan pembajakan laut tersebut menarik perhatian Ratu Elizabeth. Kemudian, Francis Drake diberikan kepercayaan oleh Ratu Elizabeth 1 untuk menjarah pelabuhan spanyol di Karibia dengan berkali kapal perang.

Dari situlah nama besar Francia Drake mulai populer dan terkenal sebagai seorang pembajak yang banyak menjarah kapal-kapal spanyol.

Setelah memperbaiki kapal dan mengisi persediaan makanan. Francis Drake pun kembali berlayar hingga mencapai pasifik pada oktober 1578. Pada pertengahan 1579 armadanya mendarat di Filiphina dan selanjutnya membeli rempah-rempah di kepulauan Maluku.

Dari Indonesia Ia berlayar mengarahkan kapalnya ke barat sampai mencapai Tanjung Harapan dan kembali di Inggris pada september 1580.

Bangsa spanyol yang menyebutnya sebagai bajak laut. Ia telah menjadi pahlawan bagi negaranya dan ditetapkan sebagai orang Inggris pertama yang mengelilingi dunia.

Singkat cerita, Francis Drake akhirnya menjadi orang pertama yang berhasil berlayar mengelilingi dunia. Setelah ia menyelesaikan misi tersebut, Ia di anugerahi gelar bangsawan oleh Ratu elizabeth I.

Itulah sedikit cerita dan kisah tentang sejarah awal mulanya Francis Drake melakukan pelayaran ke seluruh dunia.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Internet di Dunia