Gunung Denali: Gunung Tertinggi di Amerika Utara

Gunung Denali: Gunung Tertinggi di Amerika Utara

Gunung Denali, juga dikenal sebagai McKinley, adalah gunung tertinggi di Amerika Utara dengan ketinggian mencapai 6.190 meter (20.310 kaki) di atas permukaan laut. Ini adalah gunung tertinggi di dunia dari dasar hingga puncak di darat, berukuran 18.000 kaki (5.500 m).

Pada tanggal 2 September 2015, Survei Geologi A.S. mengukur gunung tersebut pada ketinggian 20.310 kaki (6.190 m), 10 kaki lebih rendah dari ketinggian 20.320 kaki (6.194 m) yang diukur pada tahun 1952 menggunakan fotogrametri.

Terletak di Pegunungan Alaska di pedalaman negara bagian Alaska, AS, Denali adalah pusat dari Taman Nasional dan Cagar Alam Denali. Denali adalah puncak paling menonjol ketiga dan paling terisolasi ketiga di Bumi, setelah Gunung Everest dan Aconcagua

Sebelum kedatangan penjelajah Eropa, suku-suku asli Alaska seperti suku Koyukon, Tanana, dan Ahtna telah tinggal di wilayah sekitar Gunung McKinley selama ribuan tahun.

Mereka menyebut gunung ini sebagai Denali, yang berarti “besar” atau “tinggi” dalam bahasa mereka. Gunung ini memiliki makna spiritual dan budaya yang signifikan bagi suku-suku ini, dan mereka menganggapnya sebagai tempat suci.

 

Penjelajahan Gunung Denali

 

Penjelajahan Eropa pertama ke Gunung McKinley terjadi pada tahun 1896 oleh seorang penjelajah bernama William Dickey. Ia memberi nama gunung ini sebagai “Gunung McKinley” untuk menghormati William McKinley, seorang politisi Amerika yang saat itu menjadi calon presiden.

Nama McKinley adalah nama resmi yang diakui oleh pemerintah federal Amerika Serikat dari tahun 1917 hingga 2015. Pada bulan Agustus 2015, 40 tahun setelah Alaska melakukannya, Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat mengumumkan perubahan nama resmi gunung tersebut menjadi Denali.

Pada tahun 1903, James Wickersham mencatat upaya pertama pendakian Denali, namun tidak berhasil. Tahun 1906, Frederick Cook mengklaim pendakian pertama, namun pendakian ini tidak diverifikasi dan legitimasinya dipertanyakan.

Pendakian pertama ke puncak Gunung McKinley dilakukan pada tahun 1913 oleh Hudson Stuck, seorang pendeta Episkopal, bersama dengan timnya.

Mereka menggunakan rute yang sekarang dikenal sebagai Rute Normal, yang masih menjadi rute paling populer untuk mendaki gunung ini. Pendakian ini membutuhkan keberanian, ketahanan, dan ketekunan yang luar biasa, dan menjadi tonggak penting dalam sejarah Gunung McKinley.

Pada tahun 1917, Taman Nasional Mount McKinley didirikan oleh Kongres Amerika Serikat untuk melindungi keindahan alam di sekitar gunung ini. Taman Nasional Denali adalah salah satu taman nasional terbesar di Amerika Serikat dan menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.

BACA JUGA : Gunung Akonkagua: Gunung Terbesar di Benua Amerika

Hingga saat ini, Gunung Denali tetap menjadi tantangan bagi para pendaki gunung dari seluruh dunia. Setiap tahun, ribuan pendaki memulai perjalanan mereka menuju puncak gunung ini, tetapi hanya sebagian kecil yang berhasil mencapai tujuan mereka.